Jumat, 13 Januari 2012

Hasud

"Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang di karuniakan ALLAH kepada sebagian kamu lebih banyak dari sebagian lain. Karna bagi laki-laki ada bagian dari apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanitapun ada bagian dari apa yang mereka usahakan "(QS 4:32).
Rasulullah bersabda, "Dengki itu memakan kebaikan sebagaimana api yang membakar kayu", Hasud itu tidak senang melihat kelebihan orang lain, lalu diapun berusaha menjatuhkan kehormatan orang itu dengan berbagai cara, dari mengintai keburukannya, mempergunjingnya, menebar fitnah, sampai syirik kedukunpun dilakukan dan bahkan sampai membunuhnya.
Kisah lucu monyet yang dengki kepada burung gagak. Monyet berusaha meloncati buah anggur, tetapi tidak berhasil, sementara burung gagak dengan mudah meraihnya, dengan kesal monyet keliling hutan sambil berteriak, "anggur pahit asem", padahal karna yang diinginkannya tidak tercapai. Hasud adalah penyakit hati dari orang-orang munafik yang berasal dari sifat Iblis yang sombong dan dengki kepada Nabi Adam.
ALLAH mengajarkan hamba-hambaNYA yang beriman agar terhindar dari penyakit dengki dan selamat dari pendengki dalam surah Al Falaq, "min syarri haasidin idzaa hasad, "Ya ALLAH, kami mohon perlindunganMU dari sifat hasud dan orang-orang yang hasud...aamiin".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar