Sabtu, 14 Januari 2012

Taubat

Shalat Taubat adalah keniscayaan bagi hamba ALLAH yang bertaubat, caranya seperti sholat sunnah biasa dua rakaat hanya niatnya untuk taubat, "aku sholat sunnat taubat dua rakaat lillaahi taa'la", ini disunnahkan menurut kesepakatan para ulama empat madzhab, berdasarkan apa yang diriwayatkan oleh Abu Daud, Nasai, Ibnu Majah, Baihaqi dan Tirmidzi, dari Abu Bakar berkata, ”Aku mendengar Rasulullah saw bersabda, ”Tidaklah seseorang melakukan suatu dosa lalu dia berdiri untuk bersuci (berwudhu) kemudian melakukan shalat dua rakaat, kemudian memohon ampun kepada ALLAH kecuali DIA akan memberikan ampunan padanya", kemudian beliau saw membaca ayat yang artinya, “Dan juga orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan ALLAH, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain daripada ALLAH?
Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui. Mereka itu balasannya ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan Itulah sebaik-baik pahala orang-orang yang beramal ”(QS 3:135–136).
Hikmahnya :
1. Tanda SERIUS taubatnya
2. DOA MUSTAJAB doa dalam sholat
3. Dengan taubat sungguh-sungguh SEMUA DOSAnya DIAMPUNI ALLAH (QS 39:53)
4. Taubatnya sesuai sunnah nabi Muhammad dan kelak mendapat SYAFAAT RASULULLAH
5. Hatinya menjadi TENANG, DAMAI dan BAHAGIA, karna diberi kesempatan bertaubat dan menempuh jalan taubat yang benar
6. ENERGI sholat taubat mencegah keinginan untuk berbuat ma'siyat lagi
7. Buahnya sebagai tanda TAUBAT DITERIMA, benar-benar tidak pernah ma'siyat lagi, senangnya ibadah, amal sholeh dan AKHLAKpun hijrah menjadi MULIA, SubhanALLAH, "ALLAAHUMMAJ'ALNA MINATTAWWAABIINA, Ya ALLAH jadikanlah kami hambaMU yang BerTAUBAT dan ENGKAUpun menerima taubat kami...aamiin".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar